tips menahan lapar saat diet

TERBUKTI! Tips Agar Tidak Mudah Lapar Saat Diet

Kamu sedang diet tetapi tidak bisa menahan lapar? Sedangkan salah satu rahasia sukses diet adalah mengontrol nafsu makan. Sudah berhenti makan nasi, tetapi justru nafsu makan semakin bertambah? Jika iya, kamu tidak sendirian kok

Banyak juga yang mengalami hal itu, Lalu apa yang membuatnya demikian? Jika kamu sudah tahu sebabnya, mungkin kamu akan mulai menerapkan diet sehat yang tidak menyiksa.

Pada artikel kali ini, saya akan membahas cara agar tidak mudah lapar saat diet. Berikut beberapa tips agar tidak mudah lapar saat diet

  1. Meski sedang diet kamu Jangan sampai melewatkan Sarapan

Diet bukan berarti kamu tidak perlu sarapan. Jika kamu tidak sarapan justru akan membuat nafsu makan kamu tinggi pada saat makan di siang hari, karena tubuh akan memberikan sinyal lapar ke otak yang berlebihan ketika kamu tidak sarapan, sehingga tubuh cenderung membutuhkan lebih banyak asupan di siang hari.

Kamu bisa memilih yogurt sebagai alternatif menu sarapan yang tinggi protein namun tetap rendah lemak.

2. Usahakan untuk memperbanyak Minum Air Putih

Tahukah kamu bahwa lapar dan haus mengirimkan sinyal yang sama ke otak? Minumlah segelas air putih ketika kamu lapar di luar jam makanmu.

Selain untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, minum 1-2 liter air per hari juga terbukti mampu mengendalikan nafsu makan. Setidaknya minum 10-20 menit sebelum makan, sehingga kita bisa lebih menahan diri untuk mengambil porsi makan berlebih.

3. Batasi mengkonsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung gula

Kamu bisa memangkas 100 kalori lho dengan mengganti es teh manis dengan air putih. Jika bosan, kamu bisa menambahkan perasan lemon atau potongan strawberry sebagai infused water.

4. Perbanyak Konsumsi Makanan Berprotein

Protein membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna dan mampu menjaga kestabilan glukosa di dalam darah, sehingga makanan berprotein sangat cocok dikonsumsi ketika diet karena membuat kamu kenyang lebih lama.

Asam amino yang terkandung di dalam protein juga berperan dalam mengatur nafsu makan. Kamu bisa mendapatkan protein dengan banyak mengkonsumsi makanan seperti ikan, daging merah, telur, biji-bijian dan kacang-kacangan.

5. Perbanyak Konsumsi Makanan Berserat

Seperti protein, makanan berserat mampu membuatmu merasa kenyang lebh lama karena makanan berserat yang rendah kalori mampu menurunkan kadar gula di dalam darah dan memperlambat pengosongan lambung.

6. Kurangi Kalori, Bukan Berhenti Konsumsi Kalori

Ketika diet, mungkin kamu akan cenderung menghindari makanan berkalori, padahal kamu tetap membutuhkan asupan kalori yang cukup agar kamu tidak terus-menerus merasa lapar yang justru menimbulkan masalah lain seperti kekurangan nutrisi bahkan anemia. Hitung dan cukupi kebutuhan kalori kamu karena asupan kalori wanita tidak boleh di bawah 1.200 kalori per hari, sedangkan untuk pria tidak boleh di bawah 1.800 kalori per hari

7. Usahakan berhenti makan berat sebelum jam 6 sore

Sebaiknya kamu berhenti makan besar sebelum jam 6 sore, Kenapa? Karena tubuh cenderung banyak beraktivitas di pagi hingga sore hari, sementara saat malam hari tubuh dan organ-organnya membutuhkan istirahat, sehingga jika kamu makan besar sebelum jam 6 sore istirahat akan terganggu karena kalori tidak terbakar.

Itu dia tips bagaimana cara agar tidak lapar pada saat melakukan program diet, sebaiknya kamu mengimbangi program diet kamu dengan berolahraga minimal 30-40 menit olahraga dalam satu hari. Sehingga program diet kamu dapat maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *