jangan bandingkan hasil diet kamu dengan orang lain

STOP! Jangan Bandingkan Keberhasilan Dietmu dengan Orang lain! Ini alasannya

Kok bisa sih, dia turun 20kg hanya dalam waktu 30 Hari, sedangkan aku turun 5kg aja butuh waktu 2 Bulan. Padahal program dietnya sama persis kok hasilnya bisa beda jauh sih ?

Pernah gak kamu mengalami itu saat melakukan program diet ? Pasti pernah dong ya….

Terkadang kamu merasa iri dengan keberhasilan diet seseorang, kok bisa sih turun dengan jumlah yang cukup banyak dalam waktu singkat. Padahal kalian bareng dietnya, program diet yang di ikuti juga sama. Kok bisa hasilnya beda banget.

Keberhasilan diet setiap orang pastinya berbeda-beda tergantung dari beberapa faktor baik internal maupun eksternal. Meskipun program diet yang ia jalankan sama persis dengan yang kamu jalankan.

Ada beberapa faktor yang bisa membuat hasil diet setiap orang berbeda antar satu dengan yang lain, berikut ini lebih jelasnya

1 Kecepatan metabolisme tubuh

Ini merupakan faktor internal yang menjadi salah satu penentu berhasilnya diet seseorang. Ya metabolisme tubuh, seberapa cepat dan efisiennya tubuhmu dalam melakukan aktivitas metabolisme tak dapat kamu samakan dengan yang lain

Oleh karena itu hasil dietnya pasti berbeda meskipun program diet yang kalian lakukan sama.

Efisiensi dan kecepatan tubuh seseorang dalam melakukan metabolisme, mempengaruhi proses pembakaran lemak yang menumpuk sehingga pengurangan lemak bisa maksimal.

2. Stress setiap orang berbeda kadarnya

Ini juga faktor internal yang bisa mempengaruhi hasil diet terhadap timbangan berat badan. Ya stress, tentunya kemampuan setiap orang dalam menghadapi stress berbeda. Ada yang kuat dan ada yang tidak, ada yang kadar stressnya rendah dan ada yang tinggi.

Stress mempengaruhi pikiran seseorang bahkan sampai mempengaruhi tubuh dalam melakukan aktivitasnya termasuk mengubah sumber makanan menjadi energi. Jika makanan tadi tidak di cerna dengan baik maka akan timbul penumpukan lemak yang bisa menjadikan seseorang mengalami obesitas.

Jadi percuma kamu diet kalau tidak enjoy dalam menjalaninya, malah nanti akan timbul stress dan sekali lagi berhentilah membandingkan diri dengan orang lain itu akan menambah kamu semakin tidak enjoy dalam melakukan diet.

Mungkin kamu perlu baca: Motivasi diet, Dietlah karena kamu sayang tubuhmu, bukan karena benci pada tubuh gendutmu.

Semoga membantu.

3. Kebutuhan gizi setiap orang berbeda-beda mungkin saja program diet kamu tidak perhatian sampai ke sana

Tau kan kebutuhan gizi setiap orang berbeda-beda jumlahnya ? Ada yang banyak dan ada juga yang sedikit. Banyak faktor yang mempengaruhinya.

Mungkin saja program diet yang sedang kamu jalani tidak terpikirkan sampai ke sana, selain itu apakah kamu yakin memperhitungkan dengan benar antara kebutuhan gizi harian kamu dengan gizi yang masuk ke dalam tubuh ? Siapa tau lebih banyak yang masuk daripada yang kamu cerna. Iya kan ?

Nah oleh karena itulah, kamu tidak bisa membandingkannya dengan orang lain.

4. Walaupun jam tidur kalian sama tapi apakah kualitas tidur kalian juga sama ?

Tubuh sangat memerlukan istirahat, salah satunya tidur. Karena ketika tidur semua organ tubuh akan beristirahat, sehingga segar kembali ketika kamu terbangun.

Yang penting ketika kamu tidur adalah kualitas tidurmu, bukan berapa lama waktu yang kamu habiskan untuk tidur. Nah kualitas tidur setiap orang berbeda-beda.

Inilah yang mengakibatkan seseorang akan merasa segar kembali setelah terbangun dari tidurnya walaupun hanya tidur sebentar. Dan ada yang justru tambah merasa lelah dan lemas meskipun sudah tidur cukup lama.

Dalam program diet, tidur sangat di anjurkan untuk keberhasilan diet, tapi ingat dalam hal ini kualitas tidur adalah segalanya, bukan berapa lama kamu tertidur.

Jadi dalam hal tidur kamu tidak bisa membandingkannya dengan orang lain, karena pastinya beda. Begitupun pengaruhnya terhadap keberhasilan diet kamu.

Nah itu dia beberapa alasan kenapa kamu harus stop membandingkan keberhasilan diet kamu dengan orang lain. Sebetulnya masih banyak faktor lain yang menjadikan hasil diet setiap orang berbeda. Nanti akan kita bahas pada artikel selanjutnya ya…

Semoga bermanfaat, dan jangan lupa untuk share agar teman kamu juga tau apa yang kamu ketahui.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *