berapa berat badan ideal kamu

Berapa Berat Badan yang Ideal untuk kamu berdasarkan Tinggi Badan ?

Sebelum kamu memutuskan untuk melakukan diet, ada baiknya kamu mengetahui berat badan yang ideal untuk kamu. Karena berat badan ideal seseorang tidak sama dengan yang lainnya

Tergantung dari beberapa faktor seperti Usia, jenis kelamin, tinggi badan bahkan golongan darah.

Oleh karena itu sebelum kamu memutuskan untuk melakukan diet, ada baiknya kamu sudah mengetahui berapa angka yang hendak kamu pangkas dari total berat badan kamu saat ini

Ini penting sekali, jangan sampai kamu melakukan program diet, padahal berat badan kamu justru sudah ideal jika dilihat dari beberapa faktor diatas.

Jadi untuk meminimalisir hal tersebut, kamu perlu mengetahui berat badan yang ideal untuk mu

Ada cara mudah untuk kamu mengetahui berat badan ideal, yaitu dengan menggunakan BMI (Body Mass Index) atau dalam bahasa Indonesia di kenal dengan IMT (Index Massa Tubuh)

*Berikut ini Kalkulator BMI atau IMT yang bisa kamu coba, silahkan klik link dibawah ini

kalkulator bmi untuk hitung berat badan ideal
by hellosehat.com

Metode penghitungan BMI atau IMT berdasarkan pada Tinggi badan kamu (Dalam satuan Centi Meter) dan Berat badan kamu saat ini, Dari dua variabel tersebut akan diketahui berat badan kamu saat ini tergolong ke dalam kategori yang mana

Ada beberapa kategori dalam metode hitung BMI atau IMT yaitu: Kurus, berat badan ideal, gemuk ataupun Obesitas. Jika hasilnya kurus maka sebaiknya kamu mengurungkan niat untuk melakukan diet, karena kamu perlu menaikkan berat badan.

Jika berat badan kamu tergolong ke dalam kategori berat badan ideal, maka sebaiknya kamu mempertahannya, dengan melakukan pola hidup sehat, olahraga dan menjaga pola makan.

Sebaliknya, apabila kamu tergolong ke dalam kategori gemuk atau obesitas, sebaiknya kamu melakukan diet

Namun sebelum itu, sebaiknya kamu juga mengetahui berapa berat badan yang harus kamu turunkan, cara sangat mudah kamu hanya mengurangi angka berat badan saat ini dengan berat badan ideal kamu.

Misalnya, hasilnya Hitung BMI atau IMT, kamu tergolong ke dalam kategori gemuk, dengan total berat badan 60 kg sedangkan berat badan ideal kamu berdasarkan BMI atau IMT berada pada angka 45 kg, dari sini kamu bisa menghitungnya dengan cara 60kg-45kg= 15kg, jadi kamu harus menurunkan berat badan kamu sebanyak 15kg.

Mudah bukan ?

Setelah kamu mengetahui berapa berat badan yang kamu turunkan, kamu bisa memilih program diet yang cocok untuk, dari segi durasi waktu program diet.

Tapi ingat ya, jangan melakukan diet ketat, karena itu jika kamu melakukannya dengan turun berat badan secara drastis dalam waktu singkat, itu justru bisa membahayakan tubuh kamu

Sebaiknya menurunkan berat badan tak melebihi dari anjuran.

Itu dia cara untuk mengetahui berapa berat badan yang ideal, semoga bermanfaat dan sampai bertemu lagi di artikel-artikel selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *