4 Jenis Makanan Penyebab Sudah Makan Tapi Masih Lapar

Pernahkah kamu masih merasa lapar, padahal sudah makan? Atau pernahkah kamu memakan makanan yang justru membuatmu tambah merasa lapar? Jika iya, berarti kamu harus kembali memperhatikan makanan yang kamu makan. Ternyata ada beberapa jenis makanan yang jika dikonsumsi justru membuat kamu merasa tambah lapar. Dan tentunya makanan ini harus dihindari bagi kamu yang sedang diet.

                Makanan tersebut adalah makanan dengan kandungan gula tinggi. Makanan yang mengandung gula cenderung lebih cepat dicerna oleh tubuh sehingga meningkatkan kadar gula dalam darah secara cepat, namun setelah itu kadar gula dalam tubuh akan turun secara cepat pula sehingga menstimulasi produksi hormon kelaparan yang biasa disebut dengan hormon ghrelin. Dengan meningkatnya hormon ini, kamu akan merasa lesu dan lapar sehingga membuat kamu ingin makan lebih banyak.

                Artikel kali ini akan membahas beberapa jenis makanan yang jika dikonsumsi justru membuat kamu semakin lapar, yaitu sebagai berikut.

  1. Makanan cepat saji

Banyaknya kandungan garam dalam makanan cepat saji disinyalir dapat menyebabkan dehidrasi yang membuat tubuh ingin makan dan minum terus-menerus.

Makanan cepat saji juga mengandung banyak lemak trans yang dapat merusak kemampuan tubuh dalam memproduksi neurotransmitter yang berfungsi untuk mengendalikan nafsu makan.

2. Makanan dan minuman rendah kalori

Dengan klaim rendah gula, apakah ada makanan dan minuman kemasan yang benar-benar rendah gula dan kalori?  Ya, produk tersebut memang benar-benar rendah gula dan kalori, namun sarat akan pemanis buatan seperti aspartam. Karena rendah kalori, maka tubuh membutuhkan asupan kalori lain yang menyebabkan tubuh seseorang justru merasa lapar.

3. Makanan dengan kandungan karbohidrat olahan

Terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat olahan membuat kadar gula darah meningkat tajam. Kandungan karbohidrat, gula dan kalori yang cukup tinggi membuat kadar gula darah melonjak. Jika hal ini terjadi terus-menerus, akan mengganggu produksi insulin dan berakhir menjadi diabetes.

4. Makanan Manis

Selain merusak gigi, makanan dengan kandungan gula yang tinggi juga memicu melonjaknya kadar gula darah dalam darah, namun kemudian kadar gula tersebut turun secara drastis dan menimbulkan rasa lapar.

Itulah beberapa jenis makanan yang merangsang lonjakan kadar gula darah kamu, yang membuat kamu lebih sering lapar walau sudah makan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *